Tutorial SPSS 18 (One Way Anova)

Semester ini saya mengontrak mata kuliah Metodologi Penelitian,yang artinya saya harus mulai belajar mengolah data dari instrumen yang telah diujikan,kali ini saya akan memberikan tutorial One Way Anova.
Data yang akan saya gunakan adalah
One Way Anova ini digunakan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil tes dari uji kreatifitas A dan Uji kreatifitas Bdengan langkah - langkah sebagai berikut :

1. Merumuskan Hipotesa
Ho = Tidak ada perbedaan rata-rata antara hasil tes uji kreatifitas tipe A dan uji kreatifitas tipe B
                        Ha = Ada perbedaan rata-rata antara hasil tes uji kreatifitas tipe A dan uji kreatifitas tipe B
1.      2. Menentukan F hitung dan signifikasi
      Untuk menentukan nilai F hitung ini saya menggunakan SPSS 18
      Entry data seperti berikut

Edit variabel viewnya
 
Klik Analyze - Compare Means - One Way Anova

Klik Option
Continue dan klik oke pada kotak dialog sebelumnya
dan inilah hasilnya

F hitung adalah 4,475 dengan signifikasi 0,049






F hitung adalah 4,475 dengan signifikasi 0,049

1.      3. Menetukan F table
F table dicari pada signifikasi 0,05.df 1 = 1 dan df 2 = 18.Hasil yang diperoleh untuk F table sebesar 4,417
2.      4. Kriteria Pengujian
·         Jika F hitung lebih kecil atau sama dengan F table,maka Ho diterima
·         Jika F hitung lebih besar dari F table,maka Ho ditolak
·         Jika signifikasi lebih besar dari 0,05 maka Ho diterima
·         Jika signifikasi lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak
3.      5. Kesimpulan
Karena F hitung > F table (4,475 > 4,417) dan signifikasi < 0,05 ( 0,049 < 0,05),maka Ho ditolak.Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara nilai tes dengan uji kreatifitas tipe A dan nilai tes dengan uji kreatifitas tipe B.

SELAMAT MENCOBA ^_^

NB
Temen-temen bantu vote aku ya di hijab hunt 2013 di link ini Nida Uddini Amatulloh for Hijab Hunt 2013

 

Komentar