Syntax Model Pembelajaran Berpikir Induktif

Berikut ini adalah sekenario pembelajaran yang pernah saya buat selama kuliah
Syntax Model Pembelajaran Berpikir Induktif
                                                Mata pelajaran             : Fisika
                                                Pokok Bahasan           : Fluida
                                                Satuan Pendidikan      : SMA
                                                Kelas / Program           : XI / IPA
                                                Semester                      : 2 (dua)
                                                Waktu                         : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi   :Menganalisis konsep dan prinsip mekanika klasik system 
kontinu dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar       : Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan
fluidastatik dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator                     :Membandingkan keadaan pada benda yang tenggelam,melayang dan terapung dalam fluida
a.       Pendahuluan
·         Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan mengabsesnsi kehadiran siswa
·         Guru membawa beberapa benda dan air yang sebelumnya telah dipersiapkan.Benda yang dibawa guru adalah botol plastik ,sterofoam,bola tenis,paku,pensil,busur dan batu.Kemudian meletakan semua benda dan air itu di meja guru
b.      Kegiatan Inti
·         Fase satu : Guru meminta siswa menuliskan semua alat dan bahan yang guru letakan di meja
·         Fase dua : Guru meminta siswa untuk mencelupkan semua benda yang ada ke dalam air satu persatu kemudian mengelompokan benda sesuai dengan posisi benda saat dimasukan ke dalam air
·         Fase tiga : Guru megklasifikasikan data dalam bentuk tulisan dan member nama setiap kelompok data berdasarkan posisi benda saat dicelupkan ke air
·         Fase empat : Siswa mengidentifikasi peristiwa terjadinya perbedaan posisi setiap benda saat dicelupkan ke dalam air
·         Fase lima : siswa melakukan pengukuran volum dan massa pada air dan setiap benda yang ada di meja
·         Fase enam : siswa menyimpulkan penyebab terjadinya perubahan posisi adalah massa jenis dari setiap benda (massa jenis = massa dibagi volume )
·         Fase tujuh : siswa meramalkan bahwa perbedaan posisi benda berbeda-beda saatdicelupkanke air adalah karena adanya perbedaan massa jenis
·         Fase delapan : siswa menjelaskan bahwa benda dengan massa jenis yang lebih besar dari massa jenis air akan tenggelam,benda yang massa jenisnya sama dengan massa jenis air akan melayang,dan benda yang massa jenisnya lebih kecil dari massa jenis air akan terapung
·         Siswa membuktikan prediksinya dengan mencelupkan kembali benda yang telah diklasifikasikan

c.       Review
Guru memberikan kesimpulan dari peristiwa melayang,tenggelam,dan terapung
Guru memperbaiki konsep-konsep dari kesimpulan siswa yang kurang tepat
d.      Penutup
Guru menutup pembelajaran dan mengucapkan salam

Komentar