Berikut ini adalah sekenario pembelajaran yang pernah saya buat selama kuliah
Syntax Model
Pembelajaran Berpikir Induktif
Mata
pelajaran : Fisika
Pokok
Bahasan : Fluida
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas
/ Program : XI / IPA
Semester : 2 (dua)
Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi :Menganalisis konsep dan prinsip mekanika klasik
system
kontinu dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar : Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan
fluidastatik dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
Indikator :Membandingkan keadaan pada benda yang
tenggelam,melayang dan terapung dalam fluida
a. Pendahuluan
·
Guru membuka pelajaran
dengan mengucapkan salam dan mengabsesnsi kehadiran siswa
·
Guru membawa beberapa
benda dan air yang sebelumnya telah dipersiapkan.Benda yang dibawa guru adalah botol
plastik ,sterofoam,bola tenis,paku,pensil,busur dan batu.Kemudian meletakan semua
benda dan air itu di meja guru
b. Kegiatan Inti
·
Fase satu : Guru meminta siswa menuliskan semua alat dan bahan yang guru
letakan di meja
·
Fase dua : Guru meminta siswa untuk mencelupkan semua benda yang ada ke dalam
air satu persatu kemudian mengelompokan benda sesuai dengan posisi benda saat dimasukan
ke dalam air
·
Fase tiga : Guru megklasifikasikan data dalam bentuk tulisan dan member nama
setiap kelompok data berdasarkan posisi benda saat dicelupkan ke air
·
Fase empat : Siswa mengidentifikasi peristiwa terjadinya perbedaan posisi
setiap benda saat dicelupkan ke dalam air
·
Fase lima : siswa melakukan pengukuran volum dan massa pada air dan setiap
benda yang ada di meja
·
Fase enam : siswa menyimpulkan penyebab terjadinya perubahan posisi adalah
massa jenis dari setiap benda (massa jenis = massa dibagi volume )
·
Fase tujuh : siswa meramalkan bahwa perbedaan posisi benda berbeda-beda saatdicelupkanke
air adalah karena adanya perbedaan massa jenis
·
Fase delapan : siswa menjelaskan bahwa benda dengan massa jenis yang
lebih besar dari massa jenis air akan tenggelam,benda yang massa jenisnya sama dengan
massa jenis air akan melayang,dan benda yang massa jenisnya lebih kecil dari massa
jenis air akan terapung
·
Siswa membuktikan prediksinya dengan mencelupkan kembali benda yang telah
diklasifikasikan
c. Review
Guru memberikan kesimpulan dari peristiwa melayang,tenggelam,dan
terapung
Guru memperbaiki konsep-konsep dari kesimpulan siswa
yang kurang tepat
d. Penutup
Guru menutup pembelajaran dan mengucapkan salam
Komentar
Posting Komentar