Berikut adalah skenario pembelajaran yang pernah saya buat semasa kuliah
Syntax Model
Pembelajaran Simplified Problem Based Learning
Mata pelajaran :
Fisika
Pokok
Bahasan :
GelombangElektromagnetik
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas
/ Program : X
Semester : 2 (dua)
Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami
konsep dan prinsip gelombang Elektromagnetik
Kompetensi Dasar : Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik
pada kehidupan
sehari-hari
Indikator : Menjelaskan aplikasi gelombang
elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari
a.
Pendahuluan
·
Guru membuka pelajaran
dengan mengucapkan salam dan mengabsesnsi kehadiran siswa
·
Siswa dibuat berkelompok,satu
kelompok terdiri dari lima orang.Anggota tiap-tiap kelompok ditentukan oleh
Guru
b.
Kegiatan Inti
·
Fase satu :
Pemberian masalah
Guru
mrmbawa sebuah radio dan menyalakan radio tersebut.Beberapa menit kemudian guru
memberikan beberapa pertanyaan pada siswa
“Pernahkah
kalian mendengarkan siaran radio sebelumnya?”
“Apa
yang biasanya kalian dengarkan dari radio?”
“Bagaimana
caranya kalian mengubah-ubah siaran pada radio?”
“Stasiun
radio yang siarannya kita dengar saat ini letaknya sangat jauh dari kita,tapi
kita bisa mendengarkan siarannya melalui sebuah alat yang bernama
radio.Bagaimana hal ini bisa terjadi?”
Guru
kemudian meminta masing-masing kelompok menemukan cara kerja radio.
·
Fase Dua :
Menuliskan apa yang diketahui
Guru
meminta siswa menuliskan hal-hal yang mereka ketahui yang berhubungan dengan
radio
·
Fase tiga :
Menuliskan inti permasalahan
Siswa
berdiskusi dengan teman sekelompoknya untuk menentukan inti permasalahan yang
mereka hadapi
·
Fase empat :
Menuliskan cara pemecahan masalah
Siswa
berdiskusi dengan teman sekelompoknya untuk menentukan media apa yang akan mereka
jadikan sumber,sebagai referensi untuk memecahkan masalah
·
Fase lima :
Menuliskan cara pemecahan masalah
Guru
meminta siswa membuat job list untuk setiap anggota kelompok,kemudian mendiskusikan
hasil belajar mereka dan mengambil hasil yang terbaik
·
Fase enam
Guru
meminta siswa melaporkan hasil kegiatannya didepan kelas
c.
Review
·
Guru menarik kesimpulan dari hasil kegiatan siswa
·
Guru memperbaiki konsep-konsep dari kesimpulan siswa yang kurang tepat
d.
Penutup
Guru
menutup pembelajaran dan mengucapkan salam
Komentar
Posting Komentar