Syntax Model Pembelajaran Pelatihan Inquiry

Berikut ini adalah sekenario pembelajaran yang pernah saya buat selama kuliah
Syntax Model Pembelajaran Pelatihan Inquiry
                                                Mata pelajaran             : Fisika
                                                Pokok Bahasan           : Fluida
                                                Satuan Pendidikan      : SMA
                                                Kelas / Program           : XI / IPA
                                                Semester                      : 2 (dua)
                                                Waktu                         : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi   :Menganalisis konsep dan prinsip mekanika klasik system kontinu dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar       : Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan denganfluidastatik dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator                     :Membandingkan keadaan pada benda yang  tenggelam,melayang dan terapung dalam fluida

a.       Pendahuluan
·         Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan mengabsesnsi kehadiran siswa
·         Guru kemudian bercerita tentang fenomena dalam kehidupan sehari hari yang berkaitan dengan fluida.Ada sebuah kapal pesir dilaut dan kapal pesiar tersebut tidak tenggelam,dan ada juga kapal selam yang dapat tenggelam.Kenapa terdapat perbedaan pada kedua benda tersebut,padahal kedua benda tersebut sama-sama berat,besar,dan terbuat dari logam,padahal jika kita melemparkan batang besi ke kolam sudah tentu batang besi tersebut akan tenggelam.
b.      Kegiatan Inti
·         Fase satu : menghadapi masalah
Masalah yang diberikan pada siswa adalah tentang adanya perbedaan pada kapal pesiar dan kapal selam,mengapa yang satu bisa tenggelam yang satu tidak.Pada saat itu guru membawa tiga buah benda yang ketika dicelupkan ke dalam air masing-masing akan tenggelam,terapung dan melayang.Siswa diminta mencari tahu mangapa masing-masing benda menujukan posisi yang berbeda.
·         Fase dua : mengumpulkan data lewat verifikasi
Guru membimbing siswa menemukan solusi sementara tersebut berdasarkan sumber yang mereka punya (buku,atau internet)
·         Fase tiga : Mengumpulkan data lewat eksperimen
Guru membagikan peralatan yang dibawa kepada setiap kelompok,dan masing-masing di beri modul eksperimen (eksperimen untuk mengukur massa jenis,dan eksperimen untuk mengukur gaya apung)
·         Fase empat : Mengolah data dan memformulasikan penjelasan
Setelah melakukan eksperimen guru meminta masing-masing kelompok untuk mengolah data yang mereka peroleh,kemudian guru meminta siswa membanding kan nilai masa jenis dan gaya apung masing-masing benda
·         Fase lima :
Siswa melaporkan hasil kegiatan beserta kesulitan yang dialami saat melakukan penyelidikan
c.       Review
·         Guru memberikan kesimpulan dari fenomena yang terjadi pada kapal pesiar dan kapal selam,dan hubungannya dengan massa jenis dan gaya apung.
·         Guru memperbaiki konsep-konsep dari kesimpulan siswa yang kurang tepat
d.      Penutup
·         Guru menutup pembelajaran dan mengucapkan salam

Komentar