Berikut ini adalah sekenario pembelajaran yang pernah saya buat selama kuliah
Syntax Model
Pembelajaran Pelatihan Inquiry
Mata pelajaran : Fisika
Pokok
Bahasan : Fluida
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas
/ Program : XI / IPA
Semester : 2 (dua)
Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi :Menganalisis konsep dan prinsip mekanika
klasik system kontinu dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar : Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan denganfluidastatik dan dinamik serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
Indikator :Membandingkan keadaan pada benda yang tenggelam,melayang dan terapung dalam fluida
a. Pendahuluan
·
Guru membuka pelajaran
dengan mengucapkan salam dan mengabsesnsi kehadiran siswa
·
Guru kemudian bercerita tentang fenomena dalam kehidupan
sehari hari yang berkaitan dengan fluida.Ada sebuah kapal pesir dilaut dan
kapal pesiar tersebut tidak tenggelam,dan ada juga kapal selam yang dapat
tenggelam.Kenapa terdapat perbedaan pada kedua benda tersebut,padahal kedua
benda tersebut sama-sama berat,besar,dan terbuat dari logam,padahal jika kita
melemparkan batang besi ke kolam sudah tentu batang besi tersebut akan
tenggelam.
b. Kegiatan Inti
·
Fase satu : menghadapi masalah
Masalah yang diberikan pada siswa adalah tentang adanya
perbedaan pada kapal pesiar dan kapal selam,mengapa yang satu bisa tenggelam
yang satu tidak.Pada saat itu guru membawa tiga buah benda yang ketika
dicelupkan ke dalam air masing-masing akan tenggelam,terapung dan
melayang.Siswa diminta mencari tahu mangapa masing-masing benda menujukan
posisi yang berbeda.
·
Fase dua : mengumpulkan data lewat verifikasi
Guru membimbing siswa menemukan solusi sementara tersebut
berdasarkan sumber yang mereka punya (buku,atau internet)
·
Fase tiga : Mengumpulkan data lewat eksperimen
Guru membagikan peralatan yang dibawa kepada setiap
kelompok,dan masing-masing di beri modul eksperimen (eksperimen untuk mengukur
massa jenis,dan eksperimen untuk mengukur gaya apung)
·
Fase empat : Mengolah data dan memformulasikan penjelasan
Setelah melakukan eksperimen guru meminta masing-masing
kelompok untuk mengolah data yang mereka peroleh,kemudian guru meminta siswa
membanding kan nilai masa jenis dan gaya apung masing-masing benda
·
Fase lima :
Siswa melaporkan hasil kegiatan beserta kesulitan yang
dialami saat melakukan penyelidikan
c. Review
·
Guru memberikan kesimpulan dari fenomena yang terjadi pada kapal pesiar
dan kapal selam,dan hubungannya dengan massa jenis dan gaya apung.
·
Guru memperbaiki konsep-konsep dari kesimpulan siswa yang kurang tepat
d. Penutup
·
Guru menutup pembelajaran
dan mengucapkan salam
Komentar
Posting Komentar