RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP Negeri 9 Bandung
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII / 2
Materi Pokok : Asam,Basa,dan Garam
Alokasi
Waktu : 4 x 40 menit
A. Standar Kompetensi
2. Memahami klasifikasi
zat
B.
Kompetensi Dasar
2 2.1 Mengelompokan sifat-sifat
larutan asam,larutan basa,dan larutan garam melalui alat dan
indikator pencapaian kompetensi yang
tepat
2.2 Melakukan
percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan
sehari-hari
C.
Indikator
1.
Membedakan pengertian zat asam,basa,dan garam.
2.
Menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam,basa,dan
garam.
3.
Mencontohkan zat-zat yang bersifat asam,basa,dan
garam.
4.
Mengelompokan zat-zat yang bersifat asam,basa,dan
garam.
5.
Mengelompokan bahan-bahan dilingkungan sekitar
berdasarkan konsep asam,basa,dan garam.
6.
Menentukan pH larutan asam,basa,dan garam.
7.
Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman
dan kebasaan.
D.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan ke 1 :
Sifat larutan asam,basa,dan garam
1.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
melaksanakan pembelajaran dengan metode diskusi,dan eksperimen diharapkan
peserta didik mampu mengelompokan sifat-sifat larutan asam,larutan basa,dan
larutan garam melalui alat dan indikator pencapaian kompetensi yang tepat.
2.
Materi
Pembelajaran
·
Zat
merupakan materi yang susunan unsur-unsurnya tidak berubah-ubah
·
Zat
meliputi zat murni dan campuran.
·
Zat
murni dapat berupa unsur dan senyawa.
·
Zat
campuran dapat berupa campuran homogen dan campuran heterogen.
·
Berdasarkan
derajat keasamannya zat dibagi menjadi asam,basa,dan garam.
a.
Sifat
Asam
Suatu zat
dikatakan bersifat asam jika :
·
Rasanya
masam
·
Menghantarkan
arus listrik
·
Jika
dilarutkan akan melepaskan ion hydrogen
·
Mengubah
lakmus biru menjadi merah
·
Bersifat
korosif terhadap logam
b.
Sifat
Basa
Suatu zat
dikatakan bersifat basa jika :
·
Terasa
licin jika terkena kulit
·
Menghantarkan
arus listrik
·
Jika
dilarutkan dalam air akan melepaskan ion hidroksida
·
Mengubah
lakmus merah menjadi biru
·
Menetralkan
larutan asam
c.
Sifat
Garam
Suatu zat
dikatakan bersifat garam jika :
·
Menghantarkan
arus listrik
·
Tidak
mengubah warna kertas lakmus merah maupun biru
3.
Metode
Pembelajaran
a.
Metode : Eksperimen,dan diskusi
b.
Pendekatan : Saintifik,dan Kontekstual
4.
Kegiatan
Pembelajaran
a.
Pendahuluan (15
menit)
·
Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam,berdoa,dan memeriksa kehadiran
siswa.
·
Guru
memusatkan perhatian siswa dengan
memberikan beberapa pertanyaan untuk menggali pengetahuan siswa tentang
sifat asam,basa,dan garam:
-
Apa
yang kamu rasakan ketika kamu mencicipi jeruk nipis?
-
Pernahkan
kamu berpikir dari mana asalnya rasa masam itu?
-
Apa
yang kamu rasakan ketika kamu menguyah obat maag?
-
Pernahkan
kamu berpikir kenapa rasa obat maag tidak pahit?
-
Apa
yang kamu rasakan ketika mencicipi ikan asin?
-
Pernahkah
kamu berpikir dari mana asalnya rasa asin itu?
·
Guru
memberikan penjelasan tentang tujuan,cakupan materi,dan kegiatan pembelajaran
·
Guru
membagi siswa ke dalam beberapa kelompok
b.
Kegiatan Inti
(50 menit)
·
Mengamati
-
Guru
memusatkan perhatian siswa dengan berdiskusi tentang klasifikasi zat dan benda
yang ada dalam kehidupan sehari-hari
-
Guru
memperlihatkan berbagai jenis bahan yang dilarutkan dalam air (larutan).
-
Siswa
mengamati berbagai jenis larutan yang diperlihatkan oleh guru.
·
Menanya
-
Siswa
diharapkan bertanya tentang macam-macam larutan yang diperlihatkan oleh guru
-
Siswa
diharapkan bertanya bagaimana cara untuk menentukan larutan mana saja yang
bersifat asam,basa,dan garam
·
Mengumpulkan
informasi
-
Siswa
mengumpulkan informasi tentang klasifikasi larutan berdasarkan sifat
asam,basa,dan garam dengan di pandu oleh guru.
·
Mengasosiasi
-
Siswa
berdiskusi untuk menjawab pertanyaan tentang sifat-sifat larutan asam,basa,dan
garam.
·
Mengkomunikasikan
-
Siswa
secara berkelompok mengemukakan jawaban dan argumentasi tentang permasalahan
yang diberikan
·
Mengamati
-
Guru
memberikan koreksi dan penguatan tentang materi sifat asam,basa,dan garam.
c.
Penutup (15
menit)
·
Siswa
diberi kesempatan untuk membuat rangkuman dan melakukan refleksi terhadap
pengalaman belajar yang telah dilakukan.
·
Siswa
mengerjakan beberapa soal essai sebagai tes formatif.
1)
Berdasarkan
hasil praktikum,sebutkan zat yang bersifat asam!
2)
Berdasarkan
hasil praktikum,sebutkan zat yang bersifat basa!
3)
Berdasarkan
hasil praktikum,sebutkan zat yang bersifat garam!
·
Guru
memberikan tugas mandiri,menginformasikan materi pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya,kemudian menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
5.
Sumber Belajar
a.
Buku
Rujukan : Buku Pelajaran IPA untuk
SMP Kelas VII
b. Alat
dan Bahan: Kertas lakmus biru,kertas
lakmus merah,pipet,cawan petri,gelas kimia,dan berbagai jenis larutan.
Pertemuan ke 2 :
Derajat keasaman
1.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
melaksanakan pembelajaran dengan metode diskusi,dan demonstrasi diharapkan
peserta didik mampu mengetahui cara mengukur derajat keasaman atau pH suatu
larutan dengan alat dan indikator pencapaian kompetensi yang tepat.
2.
Materi
Pembelajaran
·
Derajat
keasaman
Derajat keasaman suatu senyawa berbeda-beda.
Ada yang bersifat asam kuat dan ada pula yang bersifat asam lemah. Semakin
kecil nilai pH
atau semakin mendekati skala nol, maka tingkat keasamannya semakin kuat.
Sebaliknya, jika nilai pH
semakin besar atau mendekati skala 7, maka tingkat keasamannya semakin lemah.
pH suatu larutan dapat diukur dengan
alat yang dinamakan indikator.Indikator terdiri dari dua jenis,yaitu indikator
alami dan indikator buatan.Contoh indikator buatan adalah kulit manggis,bunga
sepatu,kubis ungu dan kunyit,sedangkan contoh indikator buatan adalah pH
meter,kertas lakmus,dan indikator universal.
3.
Metode
Pembelajaran
a.
Metode : Demonstrasi,dan diskusi
b.
Pendekatan : Saintifik,dan Kontekstual
4.
Kegiatan
Pembelajaran
a.
Pendahuluan (15
menit)
·
Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam,berdoa,dan memeriksa kehadiran
siswa.
·
Sebagai
apersepsi,siswa diberikan kesempatan untuk mengingat kembali sifat-sifat
larutan asam,basa,dan garam.
·
Guru
memusatkan perhatian siswa dengan
memberikan beberapa pertanyaan untuk menggali pengetahuan siswa tentang
indikator asam,basa,dan garam.
-
Apa
itu indikator?
-
Ada
berapa jenis indikator yang dapat kita gunakan untuk mengukur derajat keasaman?
-
Sebutkan
macam-macam indikator alami!
-
Sebutkan
macam-macam indikator buatan!
·
Guru
memberikan penjelasan tentang tujuan,cakupan materi,dan kegiatan pembelajaran
·
Guru
membagi siswa ke dalam beberapa kelompok
b.
Kegiatan Inti
(50 menit)
·
Mengamati
-
Guru
memusatkan perhatian siswa dengan berdiskusi tentang indikator buatan
-
Guru
menunjukan cara penggunaan kulit manggis,kubis ungu,dan kunyit sebagai
indikator alami melalui video
-
Siswa
mengamati video cara menggunakan kulit manggis,kubis ungu,dan kunyit sebagai
indikator alami
-
Siswa
mengamati penjelasan guru tentang cara mengetahui sifat asam dan basa jika di
uji menggunakan indikator alami.
-
Guru
menampilkan video tentang penggunaan pH meter dan indikator universal sebagai
indikator buatan melalui video
-
Siswa
mengamati video cara menggunakan pH meter dan indikator universal
·
Menanya
-
Siswa
diharapkan bertanya bagaimana cara mengetahui sifat asam dan basa jika di uji
menggunakan indikator alami
-
Siswa
diharapkan bertanya tentang arti dari angka yang ditunjukan oleh layar pH meter
-
Siswa
diharapkan bertanya tentang cara menggunakan indikator buatan
·
Mengumpulkan
informasi
-
Siswa
mengumpulkan informasi tentang nilai pH larutan asam,basa,dan garam melalui
buku
·
Mengasosiasi
-
Siswa
berdiskusi untuk menjawab pertanyaan tentang nilai pH larutan asam,basa,dan
garam
·
Mengkomunikasikan
-
Siswa
secara berkelompok mengemukakan jawaban dan argumentasi tentang permasalahan
yang diberikan
·
Mengamati
-
Guru
memberikan koreksi dan penguatan tentang materi derajat keasaman
c.
Penutup (15
menit)
·
Siswa
diberi kesempatan untuk membuat rangkuman dan melakukan refleksi terhadap
pengalaman belajar yang telah dilakukan.
·
Siswa
mengerjakan beberapa soal essai sebagai tes formatif.
1)
Sebutkan
macam-macam indikator alami yang dapat digunakan untuk menentukan sifat larutan
!
2)
Sebutkan
macam-macam indikator buatan yang dapat digunakan untuk menentukan sifat
larutan!
·
Guru
memberikan tugas mandiri,menginformasikan materi pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya,kemudian menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
5.
Sumber belajar
a.
Buku
Rujukan : Buku Pelajaran IPA untuk SMP Kelas VII
b.
Media
Pembelajaran : Slide power
point,dan video
Thank you for coming, please visit my another social media's account.
Komentar
Posting Komentar