RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMP Negeri 9 Bandung
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII / 2
Materi
Pokok : Unsur, Senyawa, dan
Campuran
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
A. Standar Kompetensi
2. Memahami
Klasifikasi Zat
B. Kompetensi Dasar
2.4 Membedakan
sifat unsur, senyawa, dan campuran
C. Indikator
1.
Menyebutkan
sifat unsur
2.
Menyebutkan
sifat senyawa
3.
Menyebutkan
sifat campuran
4.
Membedakan
sifat unsur, senyawa, dan campuran
5.
Membedakan
campuran homogen dan heterogen
6.
Menghitung
kadar zat dalam campuran
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke 3 :
Sifat unsur, senyawa, dan campuran
1.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
melaksanakan pembelajaran dengan metode diskusi dan demonstrasi diharapkan
peserta didik mampu menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana.
2.
Materi
Pembelajaran
·
Campuran adalah gabungan dari beberapa
zat dengan perbandingan tidak tetap tanpa melalui reaksi kimia
·
Campuran terdiri dari dua macam, yaitu campuran
homogen dan heterogen
·
Campuran homogen adalah campuran serba
sama, dimana zat penyusun bersatu dengan air dan tidak terjadi pengendapan.
Contoh : air sirup, air garam, dan air gula
·
Campuran heterogen adalah campuran serba
tidak sama, dimana zat penyusunnya tidak bersatudengan air dan terjadi
pengendapan. Contoh : air dan pasir, air dan tanah, air dan minyak kelapa, air
dan bensin, campuran besi dan pasir.
3.
Metode
Pembelajaran
a.
Pendekatan : Saintifik dan Kontekstual
b.
Metode : Eksperimen, demonstrasi, dan
diskusi
4.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan ke 3 : Sifat unsur, senyawa, dan campuran
a.
Pendahuluan (15
menit)
·
Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam,berdoa,dan memeriksa kehadiran
siswa.
·
Guru
memberikan motivasi pada siswa.
·
Sebagai
apersepsi, siswa diberi kesempatan untuk mengingat kembali konsep unsur dan
senyawa.
·
Guru
memusatkan perhatian siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan untuk menggali
pengetahua siswa tentang sifat unsur dan senyawa
-
Apa
itu unsur ?
-
Sebutkan
contoh unsur yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari !
-
Apa
itu senyawa ?
-
Sebutkan
contoh senyawa dalam kehidupan sehari-sehari !
-
Apa
yang terjadi ketika suatu unsur bergabung dengan unsur lain ?
-
Apa
yang terjadi ketika suatu senyawa bergabung dengan senyawa lain ?
·
Guru
memberikan penjelasan tentang tujuan,cakupan materi,dan kegiatan pembelajaran.
·
Guru
membagi siswa kedalam beberapa kelompok.
b.
Kegiatan Inti
(50 menit)
·
Mengamati
-
Siswa
mengamati penjelasan guru tentang sifat unsur
-
Siswa
mengamati penjelasan guru tentang sifat senyawa
-
Siswa
mengamati penjelasan guru tentang sifat campuran
-
Siswa
mengamati demonstrasi tentang cara membuat campuran
-
Guru
menunjukan contoh campuran (air kecap, air gula, air minyak)pada siswa
-
Siswa
mengamati penjelasan guru tentang perbedaan campuran homogen dan heterogen
-
Guru
menjelaskan tentang cara menghitung kadar zat dalam campuran
·
Menanya
-
siswa
diharapkan bertanya tentang cara
membedakan campuran homogen dan heterogen
·
Mengumpulkan
Informasi
-
Siswa
mengumpulkan informasi tentang perbedaan campuran homogen dan heterogen melalui
kegiatan praktikum
·
Mengasosiasi
-
Siswa
mengasosiasi informasi dan data hasil percobaan, dan berdiskusi untuk menjawab
permasalahan tentang perbedaan campuran homogen dan heterogen
·
Mengkomunikasikan
-
Siswa
secara berkelompok mengemukakan jawaban dan argumentasi tentang permasalahan
yang diberikan
·
Mengamati
-
Guru
memberikan koreksi dan penguatan tentang materi sifat unsur, senyawa, dan
campuran
c.
Penutup (15
menit)
·
Siswa
diberi kesempatan untuk membuat rangkuman dan melakukan refleksi terhadap
pengalaman belajar yang telah dilakukan.
·
Siswa
mengerjakan beberapa soal essai sebagai tes formatif
·
Guru
memberikan tugas mandiri,menginformasikan materi pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya,kemudian menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
5.
Sumber Belajar
a.
Media
Pembelajaran : Slide power
point
b.
Alat
dan Bahan Pembelajaran : Gelas kimia,
sendok, air, gula pasir, garam dapur, bedak tabur, minyak goreng, susu, dan bubuk kayu manis
c.
Sumber
Belajar : Buku
Pelajaran IPA untuk SMP Kelas VII dan Lembar Kerja Siswa
Thank you for coming, please visit my another social media's account.
Komentar
Posting Komentar