RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP Negeri 9 Bandung
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII / 2
Materi Pokok : Unsur, Senyawa, dan Campuran
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Standar Kompetensi
2. Memahami
Klasifikasi Zat
B. Kompetensi Dasar
2.3 Menjelaskan
nama unsur dan rumus kimia sederhana
C.
Indikator
1.
Menjelaskan
pengertian senyawa
2.
Menyebutkan
nama senyawa
3.
Menerapkan
aturan tata nama senyawa
4.
Menuliskan
rumus kimia sederhana
5.
Menyebutkan
unsur-unsur penyusun senyawa
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke 2 : Senyawa
1.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah melaksanakan pembelajaran
dengan metode diskusi dan ceramah diharapkan peserta didik mampu menjelaskan
nama unsur dan rumus kimia sederhana.
2.
Materi
Pembelajaran
·
Senyawa adalah gabungan dari beberapa
unsur yang terbentuk melalui reaksi kimia
·
Beberapa contoh senyawa beserta
manfaatnya
No
|
Nama Senyawa
|
Rumus Kimia
|
Manfaat
|
1
|
Natrium klorida
|
NaCl
|
Garam dapur
|
2
|
Asam sulfat
|
H2SO4
|
Pengisi aki mobil /
motor
|
3
|
Karbon dioksida
|
CO2
|
Penyegar minuman
|
4
|
Asam klorida
|
HCl
|
Pembersih lantai
|
5
|
Soda kue
|
NaHCO3
|
Pengembang roti
|
6
|
Air
|
H2O
|
Minuman
|
7
|
Glukosa
|
C6H12O6
|
Pemanis
|
·
Rumus kimia suatu zat dapat berupa rumus
molekul atau rumus empiris
·
Rumus molekul suatu zat menyatakan jenis
dan jumlah atom dalam setiap molekul zat itu
·
Rumus empiris (rumus perbandingan)
menyatakan jenis dan perbandingan paling sederhana dari atom-atom penyusun
senyawa
·
Penamaan
untuk senyawa biner (mengandung dua jenis unsur) yang terbentuk dari unsur
logam dan non logam adalah nama logam ditulis terlebih dahulu kemudian diikuti
dengan nama logam dan diberi akhiran ida
·
Untuk
senyawa biner yang terbentuk dari sesama unsur nonlogam diberi nama dengan cara
berikut.
·
Semua
senyawa yang rumus kimianya diawali dengan unsur hidrogen (H), harus dinamai
dengan awalan asam, kecuali ait (H2O) dan hidrogen peroksida (H2O2)
·
Basa
dinamai dengan menyebut nama logamnya lalau diikuti kata hidroksida
3.
Metode
Pembelajaran
a.
Pendekatan : Kontekstual
b.
Metode :
Diskusi dan Ceramah
4.
Kegiatan
Pembelajaran
a.
Pendahuluan (15
menit)
·
Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam,berdoa,dan memeriksa kehadiran
siswa.
·
Guru
memberikan motivasi pada siswa
·
Sebagai
apersepsi, siswa diberi kesempatan untuk mengingat kembali konsep unsur.
·
Guru
memusatkan perhatian siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan untuk menggali
pengetahua siswa tentang nama-nama senyawa yang bedasarkan pengetahuan pada
materi asam, basa, dan garam.
-
Sebutkan
contoh senyawa yang bersifat asam !
-
Apa
sajakah unsur penyusun senyawa tersebut ?
-
Sebutkan
contoh senyawa yang bersifat basa !
-
Apa
sajakah unsur penyusun senyawa tersebut ?
-
Sebutkan
contoh senyawa yang bersifat garam !
-
Apa
sajakah unsur penyusun senyawa tersebut ?
·
Guru
memberikan penjelasan tentang tujuan,cakupan materi,dan kegiatan pembelajaran
b.
Kegiatan Inti
(50 menit)
·
Mengamati
-
Guru
menunjukan air, garam, dan gula sebagai contoh senyawa
-
Siswa
mengamati penjelasan guru tentang pengertian senyawa
-
Siswa
mengamati penjelasan guru tentang rumus kimia sederhana
-
Siswa
mengamati penjelasan guru tentang perbedaan rumus molekul dan rumus empiris
-
Siswa
mengamati penjelasan guru tentang aturan penamaan senyawa
·
Menanya
-
Siswa
diharapkan bertanya tentang :
1)
Mengapa
air, garam, dan gula disebut sebagai senyawa ?
2)
Apa
perbedaan antara rumus molekul dan rumus empiris ?
-
Guru
memberikan pertanyaan pada siswa :
1)
Apa
perbedaan unsur dan senyawa ?
2)
Apa
unsur penyusun dari air, garam, dan gula ?
·
Mengumpulkan
Informasi
-
Siswa
mengumpulkan informasi tentang perbedaan antara unsur dan senyawa
-
Siswa
mengumpulkan informasi tentang cohtoh unsur yang dapat ditemukan dalam
kehidupan sehari-hari
·
Mengamati
-
Guru
memberikan koreksi dan penguatan tentang materi senyawa.
c.
Penutup (15
menit)
·
Siswa
diberi kesempatan untuk membuat rangkuman dan melakukan refleksi terhadap
pengalaman belajar yang telah dilakukan.
·
Siswa
mengerjakan beberapa soal essai sebagai tes formatif
·
Guru
memberikan tugas mandiri,menginformasikan materi pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya,kemudian menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
5.
Sumber Belajar
a.
Media
Pembelajaran : Slide
power point
b.
Alat
dan Bahan Pembelajaran :
·
Gelas
kimia
·
Air
·
Cawan
Petri
·
Gula
·
Garam
c.
Sumber Belajar :
·
Buku
Pelajaran IPA untuk SMP Kelas VII
·
Tabel
Periodik Unsur Kimia
Komentar
Posting Komentar