RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP Negeri 9 Bandung
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII / 2
Materi Pokok : Unsur, Senyawa dan Campuran
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Standar Kompetensi
2. Memahami
Klasifikasi Zat
B. Kompetensi Dasar
2.3 Menjelaskan
nama unsur dan rumus kimia sederhana
C.
Indikator
1.
Menjelaskan
pengertian unsur
2.
Menyebutkan
nama unsur
3.
Menerapkan
aturan tata nama unsur
4.
Menuliskan
lambang unsur
5.
Menggunakan
tabel periodik
6.
Menjelaskan
pengelompokan unsur dalam tabel periodik
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke 1 : Unsur Kimia
1.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah melaksanakan pembelajaran dengan
metode diskusi dan ceramah diharapkan peserta didik mampu menjelaskan nama
unsur dan rumus kimia sederhana.
2.
Materi
Pembelajaran
·
Zat Murni dapat berupa unsur dan senyawa
·
Unsur adalah zat tunggal yang tidak
dapat diuraikan lagi menjadi zat lain dengan reaksi kimia biasa
·
Jumlah keseluruhan unsur yang ada
didalam kurang lebih ada 109 jenis. Terdiri dari 92 unsur alam dan selebihnya
unsur buatan manusia
·
Unsur terdiri dari zat padat sebanyak 74
buah, zat cair sebanyak 5 buah, unsur zat gas sebanyak 11 buah, dan unsur
buatan sebanyak 15 buah
·
80 % unsur berupa logam berwujud padat,
sisanya 20 % unsur bukan logam, berwujud cair atau gas
·
Unsur dikelompokan menjadi 3 bagian,
yaitu :
1. Unsur
logam seperti : Khrom, Besi, Nikel, Tembaga, Seng, Platina, dan Emas.
2. Unsur
bukan logam seperti : Flour, Brom, dan Yodium
3. Unsur
semi logam seperti : Silikon dan Germanium
John
Jacob Berzelius (1779-1848), menentukan cara penulisan nama dan lambang unsur
yaitu :
1. Setiap
unsur dilambangkan dengan huruf, yang diambil dari awal huruf.
2.
Lambang
unsur ditulis dengan huruf kapital. Contoh : Karbon (C), Nitrogen (N), Oksigen
(O), Belerang/Sulfur (S), Uranium (U).
3.
Untuk
nama unsur yang memiliki dua huruf, huruf pertama besar, dan huruf kedua kecil.
Contoh : Besi (Fe), Emas (Au), Platina (Pt),Alumunium (Al).
3.
Metode
Pembelajaran
a.
Pendekatan : Saintifik dan Kontekstual
b.
Metode : Diskusi dan Ceramah
4.
Kegiatan
Pembelajaran
a.
Pendahuluan (15
menit)
·
Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam,berdoa,dan memeriksa kehadiran
siswa.
·
Guru
memusatkan perhatian siswa dengan
memberikan beberapa pertanyaan untuk menggali pengetahuan siswa tentang
nama-nama unsur yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari :
-
Pernahkan
kalian melihat ibu atau saudara perempuan kalian menggunakan perhiasan ?
-
Bahan
apakah yang biasanya digunakan untuk membuat perhiasan tersebut ? (siswa
diharapkan menjawab emas dan perak)
-
Pernahkah
kalian menggunakan paku dan palu ?
-
Bahan
apakah yang biasanya digunakan untuk membuat paku dan palu ? (siswa diharapkan
menjawab besi)
-
Ketika
kalian bernafas,apa yang kalian hirup dari udara disekitar kalian?
-
Pernahkah
kalian berwisata ke Gunung Tangkuban Perahu?
-
Apakah
kalian pernah mencium bau menyengat ketika berada di dekat kawah?
-
Dari
manakah bau menyengat tersebut berasal?
·
Guru
menjelaskan bahwa bahwa bahan-bahan yang mereka sebutkan tadi merupakan contoh
dari unsur
·
Guru
memberikan penjelasan tentang tujuan,cakupan materi,dan kegiatan pembelajaran
·
Guru
membagi siswa ke dalam beberapa kelompok
b.
Kegiatan Inti
(45 menit)
·
Mengamati
-
Siswa
mengamati penjelasan guru tentang pengertian unsur kimia.
-
Siswa
mengamati nama-nama unsur kimia yang ditulis oleh guru
-
Siswa
mengamati penjelasan guru tentang lambang unsur kimia dari masa ke masa
-
Siswa
mengamati penjelasan guru tentang aturan tata nama unsur kimia Berzelius
-
Siswa
mengamati tabel periodik yang ditunjukan oleh guru
·
Menanya
-
Siswa
diharapkan bertanya bagaimana cara menulis lambang unsur kimia
-
Siswa
diharapkan bertanya tentang bagaimana cara menggunakan tabel periodik
·
Mengumpulkan
informasi
-
Siswa
mengumpulkan informasi tentang cara menulis lambang unsur kimia
-
Siswa
mengumpulkan informasi tentang letak atau posisi unsur kimia pada tabel
periodik unsur
·
Mengasosiasi
-
Siswa
berdiskusi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada Lembar Kerja Siswa
·
Mengkomunikasikan
-
Siswa
secara berkelompok mengemukakan jawaban dan argumentasi tentang permasalahan
yang diberikan
·
Mengamati
-
Guru
memberikan koreksi dan penguatan tentang materi unsur kimia.
c.
Penutup (20
menit)
·
Siswa
diberi kesempatan untuk membuat rangkuman dan melakukan refleksi terhadap
pengalaman belajar yang telah dilakukan.
·
Siswa
mengerjakan beberapa soal essai sebagai tes formatif
·
Guru
memberikan tugas mandiri,menginformasikan materi pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya,kemudian menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
5.
Sumber Belajar
a.
Media
Pembelajaran : Slide power point
b.
Sumber
Belajar :
·
Buku
Pelajaran IPA untuk SMP Kelas VII
·
Tabel
Periodik Unsur Kimia
·
Lembar
Kerja Siswa
Komentar
Posting Komentar