Syntax Model Pembelajaran PBL


Berikut adalah skenario pembelajaran yang pernah saya buat semasa kuliah
Syntax Model Pembelajaran Simplified Problem Based Learning
Mata pelajaran             : Fisika
                                    Pokok Bahasan           : GelombangElektromagnetik
                                    Satuan Pendidikan      : SMA
                                    Kelas / Program           : X
                                    Semester                      : 2 (dua)
                                    Waktu                         : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi   : Memahami konsep dan prinsip gelombang Elektromagnetik
Kompetensi Dasar       : Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari
Indikator                     : Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari
a.       Pendahuluan
·         Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan mengabsesnsi kehadiran siswa
·         Siswa dibuat berkelompok,satu kelompok terdiri dari lima orang.Anggota tiap-tiap kelompok ditentukan oleh Guru
b.      Kegiatan Inti
·         Fase satu : Pemberian masalah
Guru mrmbawa sebuah radio dan menyalakan radio tersebut.Beberapa menit kemudian guru memberikan beberapa pertanyaan pada siswa
“Pernahkah kalian mendengarkan siaran radio sebelumnya?”
“Apa yang biasanya kalian dengarkan dari radio?”
“Bagaimana caranya kalian mengubah-ubah siaran pada radio?”
“Stasiun radio yang siarannya kita dengar saat ini letaknya sangat jauh dari kita,tapi kita bisa mendengarkan siarannya melalui sebuah alat yang bernama radio.Bagaimana hal ini bisa terjadi?”
Guru kemudian meminta masing-masing kelompok menemukan cara kerja radio.
·         Fase Dua : Menuliskan apa yang diketahui
Guru meminta siswa menuliskan hal-hal yang mereka ketahui yang berhubungan dengan radio
·         Fase tiga : Menuliskan inti permasalahan
Siswa berdiskusi dengan teman sekelompoknya untuk menentukan inti permasalahan yang mereka hadapi
·         Fase empat : Menuliskan cara pemecahan masalah
Siswa berdiskusi dengan teman sekelompoknya untuk menentukan media apa yang akan mereka jadikan sumber,sebagai referensi untuk memecahkan masalah
·         Fase lima : Menuliskan cara pemecahan masalah
Guru meminta siswa membuat job list untuk setiap anggota kelompok,kemudian mendiskusikan hasil belajar mereka dan mengambil hasil yang terbaik
·         Fase enam
Guru meminta siswa melaporkan hasil kegiatannya didepan kelas
c.       Review
·         Guru menarik kesimpulan dari hasil kegiatan siswa
·         Guru memperbaiki konsep-konsep dari kesimpulan siswa yang kurang tepat
d.      Penutup
Guru menutup pembelajaran dan mengucapkan salam

Komentar