Jumat, 18 Januari 2013

Syntax Model Pembelajaran Penyelidikan Berkelompok

Berikut ini adalah sekenario pembelajaran yang pernah saya buat selama kuliah
Syntax Model Pembelajaran Penyelidikan Berkelompok
Mata pelajaran             : Fisika
Pokok Bahasan           : Kalor
Satuan Pendidikan      : SMA
Kelas / Program           : X
Semester                      : 2 (dua)
Waktu                         : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi   : Menerakan konsep kalor dan prinsip konservasi energy pada berbagai perubahan nergi
Kompetensi Dasar       : Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat
Indikator                     :Menjelaskan peristiwa perubahan wujud zat
a.       Pendahuluan
·         Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan mengabsesnsi kehadiran siswa
·         Siswa dibuat berkelompok,satu kelompok terdiri dari lima orang.Anggota tiap-tiap kelompok ditentukan oleh Guru
·         Guru mereview hasil pembelajaran sebelumnya dengan memberikan bebrapa pertanyaan kepada siswa
Apa itu kalor ?
Apa itu suhu ?
Apa alat yang digunakan untuk mengukur suhu ?
Apakah kalor dapat mengubah suhu suatu benda?
b.      Kegiatan Inti
·         Fase Satu : menghadapi masalah
Masalah  yang  diberikan kepada siswa adalah tentang kalor,guru memberikan sebuah fenomena.”Anak-anak tahukan kalian benda yang digunakan untuk membuat pakaian di lemari kita tetap harum?”jawaban yang di harapkan “Kamper / kapur barus.”
Lalu guru menjelaskan bahwa ketika kamper dikeluarkan dari kemasannya dan disimpan didalam lemari lama kelamaan kamper itu akan mengecil dan kemudian habis.mengapa hal ini bisa terjadi,padahal ketika masih dalam kemasan kamper tetap utuh
·         Fase Dua : Reaksi
Siswa mendiskusikan dan menuliskan penyebab kamper yang telah dikeluarkan dari kemasan semakin hari semakin mengecil dan kemudian habis
·         Fase tiga : Formulasi
Setiap anggota kelompok mendapat tugas membuat hipotesa tentang penyebab perubahan yang terjadi pada kamper tersebut.
·         Fase empat : Penyelidikan
Siswa melakukan penyelidikan tentang hipotesa-hipotesa yang telah mereka buat dengan menggunakan berbagai sumber (buku paket fisika atau internet)
·         Fase lima : Analisis
Guru meminta siswa melaporkan hasil penelitian dan memberikan kesimpulan tentang perubahan yang terjadi pada kamper
·         Fase enam : Pengulangan kegiatan
c.       Review
Guru memperbaiki konsep-konsep dan kesimpulan siswa yang kurang tepat.
d.      Penutup
Guru menutup pembelajaran dan mengucapkan salam

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar