Arti Evaluasi,Penilaian dan Pengukuran

Apakah ada perbedaan antara evaluasi,penilaian,dan pengukuran?Ya,tentu saja istilah-istilah tersebut berbeda satu dengan lainnya,baik ruang lingkup maupun fokus yang dinilai.Evaluasi lebih luas ruang lingkupnya daripada penilain,sedangkan penilaian lebih fokus pada aspek tertentu saja yang merupakan bagian dari ruang lingkup tersebut.
Ada beberapa istilah yang sering disalah artikan dan disalahgunakan dalam praktik evaluasi,yaitu tes,pengukuran, penilaian,dan evaluasi.
Berikut ini adalah beberapa pengertian tes ,pengukuran,penilaian,dan evaluasi menurut beberapa ahli :
Tes
  1. Gilbert Sax (1980) mengemukakan 'a test may be defined as a task or series of task used to obtain systematic observation presumed to be representative of educational or psychological traits or attributes"
  2. S Hamid Hasan (1988) menjelaskan "tas adalah alat pengumpulan data yang dirancang secara khusus,kekhususan tes dapat terlihat dari kontruksi butir (soal)yang dipergunakan"
Pengukuran
  1. Ahmann and Glock dalam S.Hamid Hasan (1988) menjelaskan "In the last analysis measurement is only part,althoug a very substantial part of evaluation.It provides information upon which an evaluation can be based.Educational measurement is the process that attemps to obtain a quantified representation of the degree to which a trait is possessed by a pupil"
Penialain
  1. Depdikbud (1994) mengemukakan "Penilaian adalah suatu kegiatan untuk memberikan berbagai informasi secara berkesinambungan dan menyeluruh tentang proses dan hasil yang telah dicapai siswa"
Evaluasi
  1. Carl H Witherington (1952) "an evaluation is a declaration that something has or does not have value"
  2. Wand and Brown (1957) " refer to the act or process to determining the value of something"

Komentar